Flash News

Sumber Informasi Tanpa Basa Basi

Mail Instagram Pinterest RSS
Main Menu

Inilah, Tips Efektif Menggunakan Waktu

Ada sebuah adagium klasik yang sudah tidak asing di telinga kita : “waktu yang berlalu tak akan pernah kembali lagi”.
Ya, bicara waktu maka semua akan menyimpulkan bahwa hidup tidak kenal siaran tunda! Meskipun kadang sebagian kalangan menganggap waktu  tidak terlalu penting hingga tanpa “rasa bersalah” mereka membiarkan waktu berlalu tanpa ada aktifitas berarti. Dan demi perhatikanlah waktu, mereka adalah manusia yang sangat rugi !

Bagi pengusaha, eksekutif class, karyawan, pegawai negeri bahkan buruh lepas yang memiliki ethos kerja tinggi, kadang sangat kekurangan waktu. Keterbatasan  waktu tersebut kadang menutup ruang gerak, bahkan sampai sarapan pagi saja tidak sempat. Lain halnya dengan para penyandang tuna karya atau pengangguran yang justru kelebihan banyak waktu.

Bagi anda yang masuk kategori manusia super sibuk dengan produktifitas tinggi, berikut tips efektif  menghemat waktu.

1. Taruhlah barang pada tempat semestinya !
Kadang saat anda harus on time atau terburu-buru berangkat menjalani rutinitas, justru terganggu dengan mencari-cari benda yang harus dibawa, semisal kunci kendaraan, dompet, rokok, kacamata dan semisalnya. Untuk menghindari hal ini, sebaiknya anda harus merubah pola hidup anda yang selama ini anda anggap sepele. Seperti menaruh benda seenaknya atau bahkan dilempar sehingga anda lupa menaruhnya dimana. Mulailah menaruh benda di tempat yang mudah diingat, dan dilihat. Kemudian biasakan menjadi sikap disiplin. Kalau perlu anda buat tulisan besar “taruhlah barang pada tempatnya !”

2. Mempersiapkan segala sesuatu jika anda hendak bepergian
Jika anda akan bepergian dan harus membawa banyak barang, sebaiknya anda mempersiapkan satu hari sebelumnya. Guna menghemat waktu dan menghindari lupa membawa barang yang seharusnya dibawa. Persiapan yang mepet terkadang akan membuat anda berkeringat, stress karena waktu yang mepet, akan berpengaruh pada mood anda dan bisa juga membuat anda tidak nyaman pada saat mengawali bepergian.

3. Jangan remehkan pekerjaan ringan !
Jangan sekali-kali meremehkan pekerjaan ringan yang sebenarnya anda bisa mengerjakannya dalam waktu singkat. Pekerjan ringan yang dibiarkan bertumpuk, akan menjelma menjadi pekerjaan berat yang menguras tenaga dan menghabiskan waktu anda.

Mulailah dengan kebiasaan hidup yang efektif dan jangan menunda-nunda kebiasaan baik diwaktu luang. Karena waktu adalah segalanya !

Author : Sutaryono


Editor : Ady Ismavean